Skip to content

Teknik Pasang Tepat Menentukan Harga Atap Longspan

  • by
menghitung kebutuhan dan harga atap longspan

Memasang atap longspan tampaknya mudah karena sudah terbentuk pola yang teratur tapi siapa sangka jika pemasangan yang asal-asalan membuat struktur atap keseluruhan menjadi sangat rapuh dan bisa runtuh. Simak artikel berikut ini yuk edukasi pemasangan dan harga atap longspan

Teknik Pemasangan Atap Longspan

  1. Gambar desain atapnya

Menggambar desain atap sangat penting sekali sebelum Anda melakukan pemasangan atap, dengan mengukur luas dan kebutuhan bahan atap akan membuat modelnya tepat guna dan tidak banyak bahan yang terbuang. Penggambaran desain atapnya dilakukan oleh ahli tukang atau tenaga yang profesional memasang atap. Jangan asal pasang tanpa Anda melihat medan dan kondisi atas ya karena bisa jadi terdapat kondisi tertentu yang menjadikan atap harus diberikan perlakuan spesial. Harga atap longspan pun bisa berbeda tergantung kebutuhan Anda.

  1. Siapkan alat tukang

Tukang dan alat adalah dua hal pokok dalam proses pengerjaan pemasangan atap spandek. Upayakan alat yang digunakan lengkap sehingga tidak terjadi penundaan pekerjaan ketika berada di atas. Anda sebagai pemilik rumah juga bisa menyediakan alat pendukung lebih dari satu agar cepat selesai dengan 2 tukang. 

  1. Ukurlah jarak tumpuan

Jarak tumpuan dihitung dari satu titik ke titik lainnya dengan memakai spidol dan penAnda yang jelas. Tumpuan harus jeli dan detail agar tidak terjadi pergeseran yang tinggi. Ketika tumpuannya bergeser sangat jauh resiko atap Anda akan mengalami keruntuhan semakin tinggi. Penahan tumpuan kurang kuat. 

  1. Buatlah desain kuda kerangka penahan

Pertimbangan memakai tim ahli dalam membangun kerangka kuda-kuda adalah Anda belum tahu seberapa besar dan kuat atap spandeknya, kecepatan anginnya, kemiringan atap, dan atau teknik menyambung atap yang satu dengan atap yang lainnya. Jika rumah Anda berada di area yang tinggi curah hujan dan kecepatan angin maka butuh teknik pemasangan lebih cakram kuat. 

  1. Pasang kuda kerangka baja ringan

Mulailah kuda-kuda kerangka lainnya dipasang dengan rapi dari atap kemudian turun dan ke sisi samping. Jangan lupa tukang yang naik wajib mengenakan alat pelindung keselamatan diri karena pantulan cahaya matahari di area kerangka baja dan panasnya permukaan baja ringan membuat kulit dan mata Anda sakit. 

  1. Peletakan atap spandek

Tahapan berikutnya, memasang atap spandek dengan cermat. Pemasangan sebaiknya sore hari saat matahari tidak terlalu silau di ubun-ubun. Kemiringan atap juga sudah cukup terlihat jelas, apakah atap butuh perbaikan lagi atau tidak. 

  1. Pengecekan 

Pengecekan bisa dengan air hujan dan tes lubang di bawah. Tujuannya untuk mencari titik yang rusak selama proses pemasangan. Pastikan harga atap longspan ini sudah termasuk pemasangannya juga ya.

Kesimpulan 

Cara pemasangan atap longspan yang tepat butuh tahapan yang cukup banyak ya, dan tidak semua tukang ahli dalam pemasangannya. Karena jika salah pasang bisa mengakibatkan rusaknya atap dalam waktu cepat walau bahannya berkualitas. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *