Skip to content

Apa Itu Besi Hollow Dan Apa Saja Jenisnya?

  • by
jual pipa kotak

Besi pipa kotak memang sudah tidak asing lagi bagi kalangan tukang bangunan, ini juga menjadi alasan jual pipa kotak menjadi mudah ditemukan. Namun, apa arti dari besi hollow? Besi hollow ini merupakan salah satu material yang memiliki bentuk kotak atau persegi panjang dan memiliki rongga pada bagian tengahnya sehingga jika dilihat besi tersebut akan menyerupai pipa. Jenis besi ini dapat dicari pada toko bangunan yang memiliki info jual pipa kotak. Ada banyak jenis besi pipa kotak ini yang dijual pipa kotak. tetapi ada 3 jenis besi hollow yang akan dibahas dalam artikel ini. yaitu besi hollow hitam, galvanis dan galvalum.

Mengenal besi hollow

Kata “hollow” merupakan bahasa Inggris yang berarti ‘berongga’. Banyak juga yang belum tahu tentang nama asli dari besi ini. seperti nama yang digunakan, besi pipa baja las ini berkekuatan tinggi yang dapat digunakan sebagai salah satu elemen struktural pada bangunan dan struktur lainnya serta berbagai bentuk produk manufaktur. Dengan bentuk tersebut, besi hollow ini juga mempunyai beberapa penyebutan seperti pipa besi, holo, besi kotak hingga pipa besi kotak.

Apa saja jenis dari besi pipa hollow?

Ada berbagai jenis besi hollow, beberapa diantara yang paling sering digunakan yaitu:

  1. Besi hollow hitam, apabila Anda kesulitan membedakan besi hitam hollow dan lainnya, besi hitam ini memiliki karakteristik yaitu bahan dasarnya terbuat dari baja canai panas.
  2. Besi hollow galvanis, mempunyai karakteristik dengan warna yang lebih cerah atau mempunyai ketahanan terhadap korosi yang cukup baik jika dibandingkan dengan besi hollow hitam.
  3. Besi hollow galvalum, jenis pipa besi kotak ini paling mudah dikenali karena memiliki motif yang unik dan memiliki bobot yang ringan.

Umumnya, ketiga jenis besi tersebut terbat dari baja dan mengalami proses pembuatan yang hampir mirip yaitu dibentuk menjadi kotak dengan menggunakan mesin khusus. Perbedaan diantara ketiganya yaitu pada jenis baja yang digunakan. selain itu lapisan yang digunakan pada pipa besi ini juga berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *