Skip to content

Aneka Jenis Genset Bali

  • by
genset bali

Pulau Bali dan sekitarnya merupakan daerah tujuan wisata yang selalu aktif dengan berbagai acara. Tentunya dukungan pasokan listrik sangat diperlukan, tak hanya di saat malam hari saja, tapi juga di siang hari. Namun pada saat terdapat kendala pasokan listrik dari PLN  (Perusahaan Listrik Negara), maka diperlukan adanya genset Bali, sebagai pemasok cadangan arus listrik. Terdapat beragam jenis genset. Pilihannya sebagai berikut.

Genset Open

Genset ini belum dilengkapi dengan cangkang atau rumah genset sebagai peredam bunyi suara pada saat genset bekerja. Sehingga genset open cenderung berisik pada saat dihidupkan, namun harganya lebih murah. Penempatannya bisa ditaruh di bagian belakang rumah atau gudang bagian bawah rumah, agar suara bisingnya pada saat beroperasi tidak terlalu mengganggu. Kelebihan genset tipe open ini selain lebih murah juga mudah perawatannya, karena tak perlu harus membuka cangkang atau rumah gensetnya, tiap kali mau dibersihkan atau jika hendak diperbaiki. Pada saat ada kendala atau kerusakan.

Genset Silent

Genset bali jenis ini dijual berikut dengan cangkang atau rumah gensetnya guna meredam bunyinya pada saat dinyalakan. Sehingga sesuai dengan namanya maka genset ini sudah lebih tenang, silent dan tak seberisik genset open.

Genset Portable

Genset ini memiliki bentuk yang lebih ringkas dan bisa dengan mudah dipindah-pindahkan. Hal ini karena telah dilengkapi dengan roda.  Hanya saja harganya cenderung lebih mahal.

Genset Bensin

Genset ini menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Biasanya genset tipe ini tersedia dalam kapasitas yang kecil hingga sekitar 10.000 kVa saja. Kapasitas genset dinyatakan dalam satuan ukur kVa. Sedangkan berbagai peralatan listrik yang digunakan biasanya dalam satuan hitung watt atau secara total biasanya adalah dalam satuan hitung kW (kilowatt). Oleh karenanya maka perlu dikonversi terlebih dahulu menjadi satuan hitung kVa. Nilai acuan sebagai pedoman untuk konversinya adalah  800 Watt per 1 kVa atau 0,8 kW per 1 kVa  Sehingga contohnya untuk genset yang pada labelnya tertera tulisan berukuran kapasitas daya 1.000 kVA maka nilai kapasitas daya nyata mesin genset tersebut sesudah dikonversi adalah setara 800.000 watt atau setara 800 kW.

Genset Solar

Ada juga genset yang menggunakan bahan bakar berupa solar. Genset ini lebih bervariasi ukuran kapasitasnya. Mulai dari ukuran kecil untuk keperluan rumah tangga, hingga kapasitas besar untuk ukuran pabrik.

Bisa pilih genset bali dengan ukuran kapasitas yang sedikit lebih tinggi dari jumlah total daya yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *