Skip to content

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Mengunjungi Tempat Bleaching Gigi Terdekat

  • by
dokter gigi dan pasien

Bleaching gigi merupakan proses memutihkan gigi menggunakan suatu zat pemutih khusus. Zat pemutih khusus ini berfungsi untuk memecah pigmen pemberi warna pada gigi sehingga tampak putih alami. Bagi Anda yang juga tertarik memutihkan gigi, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini sebelum mengunjungi tempat bleaching gigi terdekat

Melakukan Konsultasi Ke Dokter Spesialis Gigi

Melakukan konsultasi ke dokter spesialis gigi merupakan hal penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Dokter akan melakukan pemeriksaan gigi untuk meminimalisir kendala sebelum dan sesudah melakukan proses bleaching. Dokter juga akan membantu dalam memilih jenis serta kadar bahan pemutih yang paling tepat untuk gigi Anda. 

Selanjutnya dokter akan menjelaskan secara rinci mengenai prosedur, efek samping yang mungkin terjadi, serta biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan bleaching gigi. Setelah mengetahui kondisi gigi Anda, dokter dapat memulai untuk memperbaiki gigi yang membutuhkan perawatan, misalnya dengan melakukan pembersihan karang gigi serta penambalan gigi berlubang.

Prosedur Bleaching Tidak Bisa Dilakukan Untuk Semua Jenis Gigi

Perlu Anda ketahui, jika prosedur bleaching tidak bisa dilakukan untuk semua jenis gigi. Gigi yang sudah di-veneer serta gigi palsu permanen berupa dental implant dan crown gigi tidak akan berubah warna meski sudah di-bleaching berkali-kali.

Jadi, jika sebelumnya Anda telah melakukan prosedur implan gigi palsu permanen atau veneer gigi, proses pemutihan tidak akan memberikan efek apapun. Dokter juga tidak akan menganjurkan untuk melakukan bleaching apabila Anda memiliki jenis gigi tersebut. 

Gigi Menjadi Lebih Sensitif 

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi tempat bleaching gigi terdekat, Anda harus memahami bahwa proses pemutihan akan membuat gigi menjadi lebih sensitif. Namun Anda tidak perlu khawatir,  kondisi gigi sensitif setelah bleaching ini hanya bersifat sementara dan akan menghilang dengan sendirinya.

Setiap orang biasanya memiliki pengalaman yang berbeda-beda. Rentang waktu gigi sensitif setelah bleaching biasanya berkisar antara 3 sampai 8 hari. 

Warna Putih Pada Gigi Tidak Bertahan Lama

Warna putih pada gigi setelah proses bleaching tidak akan bertahan dalam jangka waktu lama. Warna putih pada gigi umumnya bisa bertahan selama beberapa bulan atau beberapa tahun saja. Oleh karena itu, Anda harus melakukan perawatan ulang secara berkala. 

Bleaching Gigi Tidak Disarankan Untuk Anak-anak

Prosedur bleaching tidak disarankan untuk anak-anak yang sedang berada dalam masa  tumbuhnya gigi susu dan gigi permanen. Hal ini disebabkan warna putih gigi tidak akan sama ketika gigi permanen tumbuh. Sebagai gantinya. Anda bisa bertanya kepada dokter mengenai jenis perawatan gigi yang lebih cocok untuk anak-anak. 

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengunjungi tempat bleaching gigi terdekat. Karena prosedur estetika ini berkaitan erat dengan kesehatan gigi dan mulut, sebaiknya Anda tidak menggunakan jasa tukang gigi murah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *