Skip to content

Ketahui Spesifikasi Printer UV Flatbed

  • by
contoh hasil printing uv flatbed

Printing UV flatbed adalah teknik cetak yang menggunakan sinar ultraviolet. Yang menarik dari teknik cetak ini adalah beragam media yang dapat digunakan. Tidak hanya kertas, namun pencetakan UV flatbed juga dapat mencetak pada material kayu, kaca, logam, akrilik, PVC, dan lain sebagainya. Berikut adalah spesifikasi dari mesin cetak atau printer UV flatbed.

Teknologi

Printing UV flatbed menggunakan teknologi print head yang dapat menentukan efisiensi serta kualitas cetak. Poin-poin utama tentang teknologi print head adalah sebagai berikut:

  • Piezoelectric printhead  : Teknologi printhead ini memanfaatkan kristal piezoelektrik untuk mengontrol pelepasan tinta.
  • Thermal printhead         : Teknologi ini menggunakan elemen pemanas berukuran kecil untuk mengeluarkan tinta dari nozel.
  • Kecepatan dan resolusi tinggi: Teknologi print head yang modern dapat menghasilkan resolusi cetak yang tinggi, sembari mempertahankan kecepatan cetak yang cepat pula.

Resolusi Cetak

Resolusi cetak pada mesin cetak UV flatbed dihitung dalam dots per inch atau disingkat dpi. Aspek ini menentukan kejernihan serta tingkat detil cetakan. Berikut beberapa poin utama mengenai resolusi cetak pada printer UV flatbed:

  • Rentang Resolusi

Umumnya, printer UV flatbed memiliki resolusi mulai dari 600 dpi hingga 2400 dpi. Beberapa lainnya bahkan menawarkan resolusi cetak lebih dari 2400 dpi. Semakin tinggi resolusi cetak, tentunya semakin detil dan lebih tajam gambar dan warna yang dihasilkan.

  • Pengaruh terhadap Kecepatan Cetak

Resolusi cetak biasanya mempengaruhi kecepatan cetak. Semakin tinggi resolusi yang digunakan, umumnya semakin lambat kecepatan cetak printer UV flatbed. Hal ini karena printer memerlukan waktu yang lebih lama untuk dapat mencetak detil yang lebih halus dan tajam.

  • Pertimbangan Biaya

Tingkat resolusi mempengaruhi biaya percetakan. Resolusi cetak yang tinggi dapat meningkatkan biaya cetak karena konsumsi tinta yang tinggi pula.

Jumlah Printhead

Jumlah printhead berpengaruh pada kecepatan dan efisiensi proses pencetakan. Hal ini berarti bahwa semakin banyak jumlah printhead, semakin cepat proses pencetakan. Kualitas hasil cetak pun menjadi lebih baik, karena lebih banyak tinta yang digunakan secara bersamaan. Namun, printer UV flatbed dengan jumlah print head yang banyak dijual dengan harga lebih mahal, begitu pula dengan biaya perawatannya.

Kecepatan Cetak

Spesifikasi selanjutnya adalah kecepatan cetak. Printer UV flatbed skala menengah hadir dengan kecepatan cetak sekitar 10 meter persegi per jam hingga 30 meter persegi per jam. Kecepatan cetak ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kompleksitas desain dan resolusi cetak. Kecepatan cetak tentunya berpengaruh pada produktivitas, terutama pada proyek dengan deadline yang ketat dan volume tinggi.

Jenis Tinta UV yang Digunakan

Jenis tinta yang umum digunakan pada printer UV flatbed adalah tinta UV keras, tinta UV fleksibel, tinta UV hiperbarik, dan tinta UV transparan. Setiap jenis tinta UV ini memiliki karakteristik tersendiri yang berpengaruh pada saturasi warna, elastisitas, dan keawetan hasil cetak.

Apakah Anda tertarik menggunakan teknik printing UV flatbed?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *