Skip to content

Tindakan Apa yang Akan Dilakukan oleh Dokter Bedah Mulut di Klinik Dokter Gigi Spesialis Jakarta?

  • by
dokter gigi spesialis

Anda mungkin sudah merasa ketakutan lebih dulu saat tahu bahwa Anda harus pergi ke dokter bedah mulut di klinik dokter gigi spesialis jakarta. Dokter bedah mulut terkesan identik dengan operasi meskipun ada berbagai kondisi kesehatan gigi dan mulut yang bisa ditangani oleh dokter bedah mulut tanpa operasi.

Langkah Diagnosis Dokter Bedah Mulut

Jadi, apa saja proses yang akan Anda jalani saat periksa ke dokter bedah mulut? Sebaiknya Anda memahami proses melakukan diagnosis yang dilakukan dokter bedah mulut agar tidak takut periksa ke dokter bedah mulut.

Sebelum menegakkan diagnosis, dokter bedah mulut akan mempelajari riwayat kesehatan pasien dan gejala yang dialami oleh pasien. Baru kemudian ada beberapa rangkaian pemeriksaan fisik pada gigi, mulut, serta rahang pasien yang akan dokter bedah mulut lakukan.

Dokter bedah mulut di klinik dokter gigi spesialis jakarta mungkin juga akan menyarankan pasien untuk melakukan ronsen, CT scan, atau MRI gigi, mulut, dan rahang. Bila perlu, Anda mungkin diminta untuk melakukan tes darah atau pengambilan sampel jaringan melalui proses biopsi.

Setelah memastikan diagnosis, dokter bedah mulut akan menentukan langkah penanganan untuk mengembalikan fungsi area gigi, mulut, dan rahang yang mengalami masalah. Penanganan yang diberikan bisa berupa obat-obatan maupun prosedur medis. 

Persiapan Sebelum Mengunjungi Dokter Bedah Mulut

Nah, agar pemeriksaan dengan dokter bedah mulut bisa berjalan lebih optimal, ada beberapa hal yang bisa Anda persiapkan terlebih dahulu. Sebelum menemui dokter bedah mulut, Anda perlu membawa hasil pemeriksaan gigi yang pernah Anda lakukan termasuk dengan dokter gigi umum.

Ketika berada di ruang periksa, Anda perlu menyampaikan gejala dan keluhan yang Anda alami sedetail mungkin. Bila ada, Anda juga bisa menyampaikan riwayat penyakit yang Anda atau keluarga Anda miliki. Sebagai contoh, bila Anda memiliki riwayat penyakit diabetes, Anda lebih rentan mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Anda juga perlu menyiapkan daftar obat yang sedang Anda konsumsi dan riwayat alergi bila ada. Dokter mungkin juga perlu mendapatkan informasi mengenai kebiasaan yang Anda lakukan, misal kebiasaan membersihkan gigi atau kebiasaan merokok.

Terakhir, sebaiknya Anda periksa ditemani teman atau keluarga di klinik dokter gigi spesialis jakarta. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa terlalu takut jika harus melakukan tindakan operasi segera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *