Skip to content

Wajib Tahu, Inilah Faktor Penyebab Genteng Multiroof Pasir Gampang Lumutan!

  • by
pria sedang memasang genteng multiroof pasir

Terlepas dari keunggulan yang ditawarkan, siapa sangka jika penggunaan genteng multiroof pasir juga memiliki kekurangan. Yang mana, penggunaan genteng rumah hunian ini bisa saja mengalami lumutan karena beberapa hal tertentu. Lantas apa saja kira – kira faktor yang menyebabkan genteng multiroof tersebut gampang lumutan, yuk cari tahu informasi selengkapnya berikut ini.

Faktor penyebab genteng multiroof gampang lumutan

Hampir sebagian besar pemilik rumah hunian, umumnya sering kali mendapati permasalahan genteng rumah yang mengalami masalah lumutan, tidak terkecuali pada penggunaan genteng multiroof berpasir sendiri. Permasalahan lumutan pada genteng ini, biasanya sering kali terjadi karena beberapa faktor di antaranya sebagai berikut.

  1. Paparan sinar UV

Anda perlu tahu, bahwa salah satu faktor yang umumnya menyebabkan genteng multiroof berpasir mengalami lumutan, yakni disebabkan karena adanya paparan sinar UV matahari. Dimana, paparan sinar UV matahari sendiri dikatakan bisa memecah pigmen pada cat genteng. Dengan demikian, maka akan menyebabkan cat rumah hunian lama – lama memudar dengan sendirinya.

  1. Kelembapan udara

Tidak hanya paparan sinar UV matahari, munculnya lumutan pada genteng multiroof pasir juga biasanya disebabkan karena adanya kelembapan udara. Masalah kelembapan udara yang terjadi disini, biasanya disebabkan karena curah hujan yang tinggi, sehingga menyebabkan genteng lembap dan lama kelamaan akan timbul lumut di permukaan genteng tersebut.

  1. Polusi udara

Faktor lain yang juga menyebabkan genteng multiroof berpasir mengalami lumutan, juga bisa disebabkan karena adanya polusi udara yang menempel di permukaan genteng tersebut. Diketahui, polusi udara disini biasanya memiliki kandungan bahan kimia yang bisa saja bereaksi dengan cat genteng tersebut. Yang mana, hal inilah yang mengakibatkan genteng rusak dengan memudarnya cat genteng tersebut.

  1. Garam

Adapun faktor lain dari masalah lumut pada genteng multiroof berpasir, yakni karena disebabkan adanya garam dari udara. Sama seperti kondisi lainnya, garam ini nantinya juga akan menyebabkan permukaan cat genteng menjadi memudar secara perlahan – lahan. Terlebih lagi, jika penggunaan genteng tersebut digunakan di wilayah pesisir yang udaranya asin.

Itulah tadi beberapa faktor yang menyebabkan masalah lumutan pada genteng multiroof pasir yang perlu Anda ketahui dan pahami, agar lebih waspada dan bisa melakukan perawatan yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *