Skip to content

Scaling Gigi Terdekat: Prosedur dan Perkiraan Harganya

  • by
scaling gigi terdekat

Anda ingin melakukan scaling gigi, namun bingung lokasi scaling gigi yang tepat. Tenang saja, Anda bisa mempercayakan di lokasi scaling gigi terdekat yang terpercaya. Scaling gigi yang terpercaya akan melakukan scaling gigi dengan proses yang benar sesuai prosedur kesehatan. Simak selengkapnya, di sini! 

Prosedur Scaling Gigi yang Tepat

Ketika melakukan scaling gigi terdekat, dokter gigi akan menggunakan dua jenis alat, yakni alat pengikis dengan gelombang ultrasonik dan alat pengikir manual. Kedua jenis alat ini digunakan oleh dokter gigi agar proses membersihkan gigi bisa maksimal. 

Sebelum melakukan scaling gigi, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan kondisi mulut dan gigi pasien. Selanjutnya dokter gigi akan memutuskan langkah perawatan yang tepat. Berikut ini beberapa prosedur scaling gigi, yaitu: 

  1. Anestesi Lokal 

Anestesi lokal bisa mengurangi rasa sakit selama proses scaling berlangsung. Namun, anestesi ini tidak dilakukan kepada semua pasien karena rasa sakit tidak selalu muncul setelah perawatan berlangsung. Anestesi lokal membuat pasien tetap terjaga dan tidak membuat perih saat scaling berlangsung. 

  1. Proses Scaling Gigi 

Setelah dilakukan anestesi, pasien akan mendapatkan perawatan scaling. Dokter gigi akan membersihkan karang gigi memakai alat pengikis ultrasonik. Bukan hanya itu, dokter hewan akan melanjutkan perawatan dengan alat pengikir manual. 

Alat pengikis manual mempunyai ujung yang runcing, otomatis alat yang demikian bisa membersihkan karang gigi yang tidak bisa terjangkau dengan baik memakai alat pengikis ultrasonik

  1. Melakukan Root Planing 

Setelah scaling selesai, dokter akan melakukan langkah berikutnya yakni root planing. Langkah ini dengan cara menghaluskan permukaan yang kasar dan bisa membantu gusi melekat kembali pada gigi. 

  1. Melakukan Finishing 

Proses scaling gigi akan diakhiri dengan finishing. Setelah seluruh prosedur dilaksanakan, maka pasien diharuskan untuk berkumur beberapa kali. Tujuan berkumur ini untuk membersihkan karang gigi dan bakteri yang masih tersisa dalam mulut. 

Berapa Perkiraan Biaya Scaling Gigi? 

Melakukan scaling gigi pada dokter gigi profesional harganya berbeda-beda. Untuk biaya di rumah sakit swasta Indonesia, biaya scaling gigi berkisar di angka Rp 250 ribu sampai Rp 500 ribu. 

Namun, Anda harus mempersiapkan biaya lain-lain setidaknya 20-30% dari perkiraan biaya tersebut. Harga sendiri tentunya berbeda-beda, tergantung dengan kondisi gigi Anda. 

Demikianlah penjelasan tentang scaling gigi yang penting untuk diketahui. Tunggu apalagi silakan kunjungi scaling gigi terdekat untuk mendapatkan gigi bersih dan sehat. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *